Senin, 09 Juni 2014

Praktikum Dasar Komputer dan Internet Tugas Pendahuluan Modul 3



1.      IP Address
Internet Protocol address adalah kode yang terbuat dari nomor yang dipisahkan oleh tiga titik yang mengidentifikasi komputer (atau perangkat) pada jaringan atau internet. Alamat tersebut dibutuhkan untuk proses pengiriman paket data.
2.      Topologi Jaringan
Topologi jaringan adalah tehnik untuk menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya yang merangkai menjadi sebuah jaringan, dimana penggunaan jaringan didasarkan pada biaya, kecepatan akses data, ukuran maupun tingkat konektivitas yang akan mempengarui kualitas maupun efisiensi suatu jaringan. Topologi jaringan antara lain: point to point, bus, star, ring atau cicular, mesh, tree, hybrid, dan daisy chain.
3.      Protokol dalam sebuah jaringan
Protokol jaringan mendefinisikan aturan dan konvensi dalam komunikasi antar perangkat dalam jaringan. Protokol untuk jaringan komputer biasanya menggunakan teknik packet switching untuk mengirim dan menerima pesan dalam format paket. OSI (Open Systems Interconnection) reference model mendefinisikan tujuh layer (lapis) protokol jaringan.
OSI Layer
Nama
Protokol
7
Application
HTTP | FTP | SMTP | DNS | Telnet
6
Presentation

5
Session

4
Transport
TCP  | SPX
3
Network
IP | IPX
2
Data Link
Ethernet
1
Physical
Tabel di atas mengilustrasikan protokol yang digunakan dalam berkomunikasi di internet.
a.       Ethernet, layer fisik dari jaringan yang terdiri dari hardware seperti kabel, repeater¸dan kartu jaringan.
b.      IP dan IPX, layer ini bertugas untuk mengirim data dari satu komputer ke komputer lain. Protokol yang umum adalah IP dan IPX. IP dan IPX memberi alamat pada tiap perangkat yang terhubung dalam jaringan.
c.       TCP dan SPX, tugas utamanya adalah membuat pengiriman data dari satu jaringan ke jaringan lainnya menjadi efisien dan reliable.
d.      HTTP, FTP, SMPT dan DNS, beberapa protokol yang saling tumpang tindih mengurus session, presentasi dan layer aplikasi.
4.      Kegunaan dan perbedaan modem, hub dan switch
a.       Modem, modular demodulator adalah perangkat yang memodulasi (mengatur) sinyal analog menjadi informasi digital dan sebaliknya. Kegunaannya adalah membuat sinyal yang dapat dikirimkan dan diterjemahkan untuk menghasilkan data digital.
b.      Hub, perangkat yang menghubungkan beberapa perangkat ethernet dan membuatnya menjadi satu segmen jaringan. Hub memiliki beberapa I/O ports dimana sinyal dari input menjadi output pada port lainnya (selain port pengirim sinyal).
c.       Switch, perangkat yang menghubungkan perangkat dalam jaringan komputer dengan metode packet switching. Berbeda dengan hub, switch hanya mengirimkan pesan ke perangkat yang membutuhkan (atau yang melakukan request), tidak melakukan broadcast pesan kepada tiap port.

Tidak ada komentar: